Cyber Ethics (Etika Internet)

Etika Internet atau sering disebut dengan cyber ethics adalah beberapa norma atau prinsip-prinsip moral yang perlu Anda ingat ketika menggunakan internet. Sebagai teknologi yang berkembang, komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Tapi dalam memanfaatkan komputer, kita harus mengikuti beberapa etika dan beberapa nilai-nilai moral. Etika berarti apa yang baik dan apa yang buruk. Jadi, Anda harus menilai bahwa apa yang baik dan apa yang buruk. Anda tidak boleh menggunakan komputer atau internet untuk merugikan orang lain. Jika Anda melakukan ini dengan cara apapun, itu adalah kejahatan di bawah hukum cyber. Beberapa etika internet yang mengatur penggunaan internet dan Anda harus selalu mengikutinya adalah:
  • Dilarang menggunakan bahasa yang buruk di internet saat menggunakan layanan apa pun seperti email, chatting, blogging dan sebagainya. 
  • Email dan pesan instan dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan orang yang dikenal. Hindari berbicara dengan orang asing karena dapat menjadi resiko yang besar.
  • Anda tidak boleh mencoba menjadi orang lain atau mengambil identitas orang lain karena dapat menjadi kejahatan. 
  • Jangan mencoba untuk menipu orang lain dengan memberikan identitas yang salah. 
  • Jangan mencuri informasi siapa pun karena merupakan kejahatan menurut hukum cyber. 
  • Jangan hack account orang lain, karena dapat menyebabkan hilangnya informasi penting kepada pengguna akun. 
  • Anda harus menghormati hukum hak cipta dan semua hukum cyber lainnya
  • Jika Anda perlu mendapatkan akses ke orang lain, maka pertama meminta izin dari pemilik file itu untuk menggunakan file tersebut. 
  • Anda harus menghindari menampilkan pornografi di internet. 
  • Hindari mengirim virus dan email spam ke orang. 



Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
  3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.


Sumber Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette

Comments

Popular posts from this blog

Media Transmisi Wireless (Nirkabel) Pada Media Komunikasi Data

Artikel Prosedur Evaluasi Pembelajaran

"Rammang-Rammang" yang Tak Kalah Indah dari Sungai Mekong di Vietnam