Artikel Prosedur Evaluasi Pembelajaran
Oleh :
Rizkey Andita
Abstrak
Prosedur adalah suatu tata cara kerja atau kegiatan
untuk menyelesaikan pekerjaan dengan urutan waktu dan memiliki pola kerja yang
tetap yang telah ditentukan. Menurut Muhammad Ali (2000 : 325) “Prosedur adalah
tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan”
Evaluasi adalah suatu proses untuk menggambarkan sesuatu dan
menimbangnya dari segi nilai dan arti. Definisi ini menegaskan bahwa evaluasi
berkaitan dengan nilai dan arti yang dihasilkan dari kegiatan evaluasi itu
sendiri.
Pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan
tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan
kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang
manusia serta dapat berlaku di mana pun dan kapan pun.
Prosedur evaluasi
pembelajaran adalah tahap-tahap didalam melakukan kegiatan evaluasi pada pembelajaran
yang dimulai dari memfokuskan evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi
pembelajaran yang didalamnya terdapat penyusunan rancangan dan instrumen,
mengumpulkan data dan informasi, menganalisis data dan informasi, mengelola
evaluasi pembelajaran, melaporkan hasil evaluasi pembelajaran hingga
menggunakan evaluasi pembelajaran.
Kata kunci : Prosedur,
Evaluasi,Pembelajaran, data dan informasi.
Pendahuluan
Dalam program
pembelajaran kita perlu memperhatikan tujuan pembelajaran tersebut, serta
materi dan metodenya. Yang tidak kalah penting adalah harus melakukan evaluasi
terhadap program pembelajaran tersebut agar bisa mengetahui sejauh mana
pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan dan untuk mengetahui
juga efektifitas program pembelajaran yang digunakan.
Dalam
melaksanakan evaluasi harus mengacu pada prosedur yang ada. Prosedur evaluasi pembelajaran adalah tahap-tahap didalam
melakukan kegiatan evaluasi pada pembelajaran yang dimulai dari memfokuskan
evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi pembelajaran yang didalamnya terdapat
penyusunan rancangan dan instrumen, mengumpulkan data dan informasi,
menganalisis data dan informasi, mengelola evaluasi pembelajaran, melaporkan
hasil evaluasi pembelajaran hingga menggunakan evaluasi pembelajaran.
Prosedur Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi
merupakan hal yang penting dilaksanakan dalam melaksanakan program pembelajaran
agar dapat mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang
disampaikan dan untuk mengetahui juga efektifitas program pembelajaran yang
digunakan. Perlu diketahui evaluasi bukanlah hasil melainkan proses yang
berlangsung selama program pembelajaran itu berlangsung.
Dalam melaksanakan evaluasi
harus mengacu pada prosedur yang ada. Prosedur evaluasi pembelajaran adalah tahap-tahap didalam
melakukan kegiatan evaluasi pada pembelajaran. Arikunto dalam
Dimyati dan Mudjiono (2006:227-231) membagi prosedur evaluasi pembelajaran
menjadi lima tahapan yakni ;
1. Penyusunan
Rancangan
Untuk
memperjelas penyusunan rancangan evaluasi pembelajaran, akan diuraikan secara
singkat tiap-tiap langkah kegiatannya :
a. Menyusun
latar belakang yang berisikan dasar pemikiran dan/atau rasional penyelenggaraan
evaluasi.
b. Problematika
berisikan rumusan permasalahan/problematika yang akan dicari jawabannya baik
secara umum maupun terinci.
c. Tujuan
evaluasi merupakan rumusan yang sesuai dengan problematika evaluasi
pembelajaran, yakni perumusan tujuan umum dan tujuan khusus.
d. Populasi dan
sample, yakni sejumlah komponen pembelajaran yang dikenai evaluasi pembelajaran
dan/atau yang dimintai informasi dalam kegiatan evaluasi pembelajaran.
e. Instrumen
adalah semua jenis alat pengumpulan informasi yang diperlukan sesuai dengan
teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam evaluasi pembelajaran. Sumber
data adalah dokumen, kegiatan, atau orang yang dapat memberikan informasi atau
data yang diperlukan.
f. Teknik
analisis data, yakni cara/teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang
disesuaikan dengan bentuk problematika dan jenis data.
2. Penyusunan
Instrumen
Langkah-langkah
penyusunan instrumen adalah :
a. Merumuskan tujuan
yang akan dicapai dengan instrumen yang akan disusun.
b. Membuat
kisi-kisi yang mencanangkan tentang perincian variabel dan jenis instrument
yang akan digunakan untuk mengukur bagian variabel yang bersangkutan.
c. Membuat
butir-butir instrument evaluasi pembelajaran yang dibuat berdasarkan kisi-kisi,
dan
d. Menyunting
instrumen evaluasi pembelajaran yang meliputi: mengurutkan butir menurut
sistematika yang dikehendaki evaluator untuk mempermudah pengolahan data,
menuliskan petunjuk pengisian dan indentitas serta yang lain, dan membuat
pengantar pengisian instrument.
3. Pengumpulan
Data
Dalam
pengumpulan data dapat diterapkan berbagai teknik pengumpulan data diantaranya
:
a. Kuesioner,
b. Wawancara,
c. Pengamatan,
d. Studi Kasus.
4. Analisis
Data dan Informasi
Dalam
kegiatan evaluasi pemebelajaran, analisis data yang paling banyak dilaksanakan
adalah analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang oleh data-data kuantitatif
hingga menghasilkan informasi yang berguna.
5. Penyusunan Laporan
5. Penyusunan Laporan
Dalam
laporan evaluasi pembelajaran harus berisikan pokok-pokok berikut:
a. Tujuan evaluasi,
b. Problematika,
c. Lingkup dan Metodologi evaluasi pembelajaran,
d. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran,
e. Hasil evaluasi Pembelajaran.
a. Tujuan evaluasi,
b. Problematika,
c. Lingkup dan Metodologi evaluasi pembelajaran,
d. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran,
e. Hasil evaluasi Pembelajaran.
Sementara Zainal Arifin (2010:88-114) menjelaskan tahapan prosedur
mengebangkan evaluasi sebagai berikut
1. Perencanaan
evaluasi
2. Pelaksanaan
evaluasi
3. Monitoring
pelaksanaan Evaluasi
4. Pengolahan
data
5. Pelaporan
hasil evaluasi
6. Penggunaan
hasil evaluasi
Dari penjelasan dari dua penulis diatas tentang prosedur evaluasi dapat
disimpulkan bahwa prosedur evaluasi meliputi memfokuskan evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi pembelajaran
yang didalamnya terdapat penyusunan rancangan dan instrumen, mengumpulkan data
dan informasi, menganalisis data dan informasi, mengelola evaluasi
pembelajaran, melaporkan hasil evaluasi pembelajaran hingga menggunakan
evaluasi pembelajaran
tersebut.
Penutup
Prosedur evaluasi
pembelajaran harus diperhatikan dalam melaksanakan evaluasi program
pembelajaran supaya lebih mudah dan sudah terkonsep dalam pelaksanaannya.
Dengan adanya prosedur evaluasi pembelajaran kita akan lebih mudah melakukan
evaluasi terhadap evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan.
Prosedur evaluasi meliputi memfokuskan evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi pembelajaran
yang didalamnya terdapat penyusunan rancangan dan instrumen, mengumpulkan data
dan informasi, menganalisis data dan informasi, mengelola evaluasi
pembelajaran, melaporkan hasil evaluasi pembelajaran hingga menggunakan
evaluasi pembelajaran
tersebut.
Daftar Pustaka
Arifin,
Zainal, (2010) Evaluasi Pembelajaran,
Prinsip-Teknik-Prosedur, Cetakan Ke-2, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta :
Rineka Cipta.
Daftar Rujukan
·
http://ladeni.wordpress.com/2010/12/13/mengenal-prosedur-evaluasi-dan-hasil-belajar-peserta-didik/
·
http://delsajoesafira.blogspot.com/2010/05/definisi-pembelajaran.html
Saling berbagi.
ReplyDeletesemoga bermanfaat..