11.03.2011

Artikel Prosedur Evaluasi Pembelajaran

PROSEDUR EVALUASI PEMBELAJARAN

Oleh : Rizkey Andita
Abstrak
Prosedur adalah suatu tata cara kerja atau kegiatan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan urutan waktu dan memiliki pola kerja yang tetap yang telah ditentukan. Menurut Muhammad Ali (2000 : 325) “Prosedur adalah tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan”
Evaluasi adalah suatu proses untuk menggambarkan sesuatu dan menimbangnya dari segi nilai dan arti. Definisi ini menegaskan bahwa evaluasi berkaitan dengan nilai dan arti yang dihasilkan dari kegiatan evaluasi itu sendiri.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di mana pun dan kapan pun.
Prosedur evaluasi pembelajaran adalah tahap-tahap didalam melakukan kegiatan evaluasi pada pembelajaran yang dimulai dari memfokuskan evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi pembelajaran yang didalamnya terdapat penyusunan rancangan dan instrumen, mengumpulkan data dan informasi, menganalisis data dan informasi, mengelola evaluasi pembelajaran, melaporkan hasil evaluasi pembelajaran hingga menggunakan evaluasi pembelajaran.
Kata kunci : Prosedur, Evaluasi,Pembelajaran, data dan informasi.

Pendahuluan
Dalam program pembelajaran kita perlu memperhatikan tujuan pembelajaran tersebut, serta materi dan metodenya. Yang tidak kalah penting adalah harus melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran tersebut agar bisa mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan dan untuk mengetahui juga efektifitas program pembelajaran yang digunakan.
Dalam melaksanakan evaluasi harus mengacu pada prosedur yang ada. Prosedur evaluasi pembelajaran adalah tahap-tahap didalam melakukan kegiatan evaluasi pada pembelajaran yang dimulai dari memfokuskan evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi pembelajaran yang didalamnya terdapat penyusunan rancangan dan instrumen, mengumpulkan data dan informasi, menganalisis data dan informasi, mengelola evaluasi pembelajaran, melaporkan hasil evaluasi pembelajaran hingga menggunakan evaluasi pembelajaran.

Prosedur Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi merupakan hal yang penting dilaksanakan dalam melaksanakan program pembelajaran agar dapat mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan dan untuk mengetahui juga efektifitas program pembelajaran yang digunakan. Perlu diketahui evaluasi bukanlah hasil melainkan proses yang berlangsung selama program pembelajaran itu berlangsung.
Dalam melaksanakan evaluasi harus mengacu pada prosedur yang ada. Prosedur evaluasi pembelajaran adalah tahap-tahap didalam melakukan kegiatan evaluasi pada pembelajaran. Arikunto dalam Dimyati dan Mudjiono (2006:227-231) membagi prosedur evaluasi pembelajaran menjadi lima tahapan yakni ;
1.    Penyusunan Rancangan
Untuk memperjelas penyusunan rancangan evaluasi pembelajaran, akan diuraikan secara singkat tiap-tiap langkah kegiatannya : 
a. Menyusun latar belakang yang berisikan dasar pemikiran dan/atau rasional penyelenggaraan evaluasi.
b. Problematika berisikan rumusan permasalahan/problematika yang akan dicari jawabannya baik secara umum maupun terinci.
c.  Tujuan evaluasi merupakan rumusan yang sesuai dengan problematika evaluasi pembelajaran, yakni perumusan tujuan umum dan tujuan khusus.
d.    Populasi dan sample, yakni sejumlah komponen pembelajaran yang dikenai evaluasi pembelajaran dan/atau yang dimintai informasi dalam kegiatan evaluasi pembelajaran.
e.   Instrumen adalah semua jenis alat pengumpulan informasi yang diperlukan sesuai dengan teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam evaluasi pembelajaran. Sumber data adalah dokumen, kegiatan, atau orang yang dapat memberikan informasi atau data yang diperlukan.
f.     Teknik analisis data, yakni cara/teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang disesuaikan dengan bentuk problematika dan jenis data.

2.    Penyusunan Instrumen
Langkah-langkah penyusunan instrumen adalah :
a.    Merumuskan tujuan yang akan dicapai dengan instrumen yang akan disusun.
b.   Membuat kisi-kisi yang mencanangkan tentang perincian variabel dan jenis instrument yang akan digunakan untuk mengukur bagian variabel yang bersangkutan.
c.    Membuat butir-butir instrument evaluasi pembelajaran yang dibuat berdasarkan kisi-kisi, dan
d.  Menyunting instrumen evaluasi pembelajaran yang meliputi: mengurutkan butir menurut sistematika yang dikehendaki evaluator untuk mempermudah pengolahan data, menuliskan petunjuk pengisian dan indentitas serta yang lain, dan membuat pengantar pengisian instrument.

3.    Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data dapat diterapkan berbagai teknik pengumpulan data diantaranya :
a.    Kuesioner,
b.    Wawancara,
c.    Pengamatan,
d.    Studi Kasus.

4.    Analisis Data dan Informasi
Dalam kegiatan evaluasi pemebelajaran, analisis data yang paling banyak dilaksanakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang oleh data-data kuantitatif hingga menghasilkan informasi yang berguna.


5.  Penyusunan Laporan
Dalam laporan evaluasi pembelajaran harus berisikan pokok-pokok berikut:
a.    Tujuan evaluasi,
b.    Problematika,
c.    Lingkup dan Metodologi evaluasi pembelajaran,
d.    Pelaksanaan evaluasi pembelajaran,
e.    Hasil evaluasi Pembelajaran.



Sementara Zainal Arifin (2010:88-114) menjelaskan tahapan prosedur mengebangkan evaluasi sebagai berikut

1.    Perencanaan evaluasi

2.    Pelaksanaan evaluasi

3.    Monitoring pelaksanaan Evaluasi
4.    Pengolahan data
5.    Pelaporan hasil evaluasi
6.    Penggunaan hasil evaluasi

Dari penjelasan dari dua penulis diatas tentang prosedur evaluasi dapat disimpulkan bahwa prosedur evaluasi meliputi memfokuskan evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi pembelajaran yang didalamnya terdapat penyusunan rancangan dan instrumen, mengumpulkan data dan informasi, menganalisis data dan informasi, mengelola evaluasi pembelajaran, melaporkan hasil evaluasi pembelajaran hingga menggunakan evaluasi pembelajaran tersebut.

Penutup
Prosedur evaluasi pembelajaran harus diperhatikan dalam melaksanakan evaluasi program pembelajaran supaya lebih mudah dan sudah terkonsep dalam pelaksanaannya. Dengan adanya prosedur evaluasi pembelajaran kita akan lebih mudah melakukan evaluasi terhadap evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan.
Prosedur evaluasi meliputi memfokuskan evaluasi pembelajaran, mendesain evaluasi pembelajaran yang didalamnya terdapat penyusunan rancangan dan instrumen, mengumpulkan data dan informasi, menganalisis data dan informasi, mengelola evaluasi pembelajaran, melaporkan hasil evaluasi pembelajaran hingga menggunakan evaluasi pembelajaran tersebut.

Daftar Pustaka
Arifin, Zainal, (2010) Evaluasi Pembelajaran, Prinsip-Teknik-Prosedur, Cetakan Ke-2, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Daftar Rujukan
·         http://delsajoesafira.blogspot.com/2010/05/definisi-pembelajaran.html

1 komentar: