Standar Pengabelan Pada Local Area Network (LAN)

Dalam membangun sebuah jaringan LAN dibutuhkan koneksi berupa kabel, yaitu kabel UTP RJ-45. Disini akan dibahas tentang bagaimana cara memasang kabel UTP RJ-45. Peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan dalam memasang kabel tersebut antara lain sebagai berikut;
· Kabel UTP
Singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel UTP yang sering digunakan untuk kabel LAN biasanya kategori 5 atau sering disebut cat-5. Yaitu berfrekuensi diatas 100MHz dan bisa dipakai untuk network dengan kecepatan 100 Mbps, tetapi kemungkinan tidak cocok untuk gigabyte ethernet network.


· Konektor RJ-45
RJ singkatannya adalah Registered Jack. Untuk konektor RJ-45 terdiri dari 8 pin,
Pin 1 dimulai dari sebelah kiri dan seterusnya hingga pin 8.
Untuk konektor yang berstandar internasional biasanya terdapat tulisan “AMP”

seperti pada gambar berikut:
· Crimp Tool
Crimp Tool/Crimping Tool adalah alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45. Alat ini bisa digunakan untuk memotong kabel UTP, mengupas, dan meng-crimpting kabel UTP.
· Cable Tester
Tester Cable adalah alat untuk mencek apakah kabel yang kita buat sudah terkoneksi dengan baik atau belum, sebelum dihubungkan dengan perangkat komputer dan jaringan. Sebagai catatan bahwa, hasil tes menggunakan tester tidak berarti menunjukkan kabel tersebut berfungsi dengan baik.
Disini akan dijelaskan bagaimana cara memasang kabel UTP dengan jenis peer/crossover yang berguna untuk menghubungkan PC ke PC, Hub ke Hub, Switch ke Switch, Hub ke Switch.
Langkah - langkah pemasangan kabel UTP jenis peer/crossover
1. Siapkan semua peralatan terutama kabel, konektor RJ-45 dan Crimping tool
2. Kupas bagian luar kabel (pembungkus kabel-kabel kecil) kira-kira sepanjang 1 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang biasanya ada pada crimp tool yang biasanya disebut slicer(bagian seperti dua buah silet saling berhadapan itu untuk mengupas).
3. Susunlah kabel dengan skema atau urutan sesuai dengan kertentuan crossover

4. Rapih dan potong ujung-ujung kabel yang tidak rata dengan pemotong kabel sampai rata. Usahakan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel tidak lebih dari 1cm.

5. Sambungkan kabel dengan RJ-45 kemudian jika anda sudah yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke crimpt tool untuk di pres. Ketika konektor dalam kondisi didalam crimp tool anda bisa memastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian dapet RJ-45 dengan cara mendorong kabel kedalam RJ-45. Pastikan juga bahwa bagian pembungkus kabel sebagian masuk kedalam konektor RJ-45.

6. Setelah selesai tes koneksinya menggunakan cable tester. Jika lampu-lampu menyala sesuai dengan susunan kabel seperti 1 dengan3, 2 dengan 6, dan semua menyala dengan baik berarti kabel yang telah di buat berhasil dan dapat langsung di gunakan tetapi jika tidak potong lagi kabelnya karena konektor hanya 1 kali pakai dan ulangi langkah-langkah seperti di atas.


Untuk lebih jelas lagi silahkan download video di bawah ini.




Comments

Popular posts from this blog

Media Transmisi Wireless (Nirkabel) Pada Media Komunikasi Data

Artikel Prosedur Evaluasi Pembelajaran

"Rammang-Rammang" yang Tak Kalah Indah dari Sungai Mekong di Vietnam